Resensi Buku - A Street Cat Named Bob

Bob Mengubah Hidup James 

Kisah menyentuh dan penuh harapan yang tertuang dalam novel A Street Cat Named Bob. Kisah nyata persahabatan seorang pengamen dan kucingnya yang bertahan hidup dan menemukan harapan di jalan.

Dua tahun setelah James Bowen, seorang musisi jalanan di London, Inggris, --menemukan kucing berwarna jingga (Bob) yang terluka dan duduk di lorong koridor rumah susunnya yang remang-remang itu--, Bob mengubah dunianya. James yang sehari-hari menyambung hidup dari mengamen berpenghasilan tak menentu, dia juga sedang dalam pemulihan dari kecanduan heroin. Usianya sudah menjelang tiga puluhan, tapi dia merasa belum menemukan tujuan hidupnya selain hanya untuk bertahan hidup. Hidupnya benar-benar kacau, dia kehilangan kontak dengan keluarganya dan bisa dibilang tidak punya teman di dunia ini.


Dalam keadaan seperti itulah dia memelihara sahabat barunya, Bob. Namun, hal itu tidak mengganggu persahabatan mereka. Mereka tak terpisahkan. Bob membuntuti James ke mana pun, bahkan ikut mengamen bersama James. Segera saja pemandangan James dan Bob yang meringkuk tenang di bahunya menjadi lumrah bagi warga London.

Kehadiran Bob yang setia perlahan-lahan menyadarkan James untuk menata hidupnya. Dengan Bob di sisinya, James mulai berjuang melepaskan diri dari jeratan narkoba dan menjalin kembali hubungan yang sempat terputus dengan keluarganya di Australia.

Inilah kisah persahabatan yang unik dan mencerahkan. Novel yang telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia oleh Istiani Prajoko dan disunting oleh Dian Pranasari ini berhasil menceritakan lewat kata-kata kisah nyata ini. Kisah persahabatan mereka benar-benar mengetuk hati kita betapa pertolongan bisa datang dalam berbagai cara, bahkan melalui kasih sayang seekor kucing.

Bob dan sang pemilik, sahabatnya (James), ternyata juga telah menjadi selebritas, yang sebelumnya mereka sendiri tidak menyadarinya. Sampai-sampai James terusik, dari mana mereka yang kebetulan menyaksikannya sedang mengamen tahu nama kucingnya adalah Bob? Bob tak memakai tanda pengenal, kan? Dan apa maksudnya dengan kucing big issue? Itu semua, Anda (para pembaca) akan mengetahuinya setelah melumat semua isi novel ini, yang ternyata kisah persahabatan mereka juga terkenal di dunia maya.

Memoar yang dengan segera mencuri hati pembaca. Selain kisah persahabatan yang sangat menggugah, buku ini juga menawarkan wawasan mendalam mengenai kerasnya kehidupan jalanan yang terkadang membuat frustrasi tetapi tetap memperlihatkan sisi cerah kehidupan.

Judul : A Street Cat Named Bob
Diterjemahkan dari : A Street Cat Named Bob
ISBN : 978-979-024-393-4
Karya : James Bowen dan Garry Jenkins
Penerjemah : Istiani Prajoko
Diterbitkan : PT Serambi Ilmu Semesta Cetakan I : Oktober 2012
Tebal : 320 halaman
Jenis Cover : Soft Cover
Dimensi : 13 x 20,5 cm
Kategori : Novel

Bandung, 8 Maret 2013
Suro Prapanca
Dimuat juga di INILAHKORAN, Minggu Maret 2013

Belum ada Komentar untuk "Resensi Buku - A Street Cat Named Bob "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

banner 728x90

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel